Sabtu, 15 Maret 2014

Mengatasi Error 6500, Mati Total dan Reset Canon IX4000/IX5000

Printer Canon PIXMA IX4000/IX5000 adalah produk dari Canon yang masuk dalam kategori printer ukuran A3, printer ini dibandrol dengan harga kira-kira Rp 2.900.000,00 - Rp. 3.100.000,00. Kali ini
kami akan membahas kerusakan printer ini yang mati total, error 6500 dan cara reset. Sebenarnya solusi mati total dan error 6500 adalah sama (dari rata-rata) yaitu penggantian part sebagai berikut :
  1. Mainboard
  2. Print Head
  3. Carriage Unit
Untuk kerusakan mati total ada kemungkinan tambahan yaitu Power Supply. Mati total rata-rata disebabkan oleh terbakarnya Print Head.
Langkah pertama menghadapi hal ini adalah dengan mencium head ada bau gosong atau tidak, 
jangan sampai Print Head yang sudah rusak dipasang pada Printer IX4000/IX5000 yang
mainboardnya masih hidup/normal pasti 100% mengakibatkan kerusakan pada mainboard printer tersebut. Sama halnya dengan Error 6500, jangan pernah mau ambil resiko mengingat harga sparepart printer ini lumayan mahal di pasaran. Untuk pergantian Carriage Unit dilakukan ketika Print Head terbakar, masalahnya jika memaksakan memakai Carriage Unit yang lama umur Print Head dan Mainboard yang baru diganti tidak akan lama.

Reset Canon PIXMA iX5000/iX4000

1. Menghubungkan Canon PIXMA iX5000 atau iX4000 printer ke kabel daya.
2. Printer powered off, sambil menekan Resume / Cancel button, tekan terus tombol Power. (catatan: Jangan lepaskan tombol. Power LED di lampu hijau untuk menunjukkan bahwa salah satu fungsi yang dipilih.)

3. Sambil memegang tombol power, tekan Resume / Cancel button 2 kali, kemudian lepaskan kedua Power dan Resume / Cancel buttons.

5. Bila Power LED di lampu hijau, tekan tombol Resume / Cancel button 4 kali untuk ulang limbah tinta di counter Canon Pixma iX5000 / iX4000. (catatan: Jika tidak Power LED lampu hijau di printer tidak memasukkan service mode, memutuskan kabel daya dan tancapkan kembali. Kemudian mulai dari langkah 1 untuk memulai printer dalam mode layanan lagi).

6. Di akhir layanan mode, tekan tombol power. Karya mengangkatnya dari plat lembar pakan unit akan dibangkitkan.

Catatan:

* Setiap kali Resume / Batal tombol ditekan, maka alarm dan Power LEDs light bergantian, alarm di jeruk dan Power dalam hijau, dimulai dengan LED alarm.

Lainnya ditentukan jumlah waktu (s) sesuai dengan fungsi yang tercantum dalam tabel di bawah ini.
Time (s) LED indikasi Fungsi Keterangan

0 times Green (Power) Power off
1 kali Orange (Alarm) Service test print
2 times Green (Power) EEPROM mencetak informasi
3 times Orange (Alarm) EEPROM initialization
4 times Green (Power) Waste ink counter ulang
5 times Orange (Alarm) Tujuan pengaturan
6 times Green (Power) Print head deep cleaning (Pembersihan kedua hitam dan warna)

2 komentar:

Bandung IT mengatakan...

Printer canon ix5000 sy akui kualitas hasil printnya bagus, untuk print biasa ataupun print foto. Si canon ix5000 ini harganya memang cukup mahal, tapi terbayar sih dengan kualitasnya. :)

Buat yang lagi cari tempat Service Printer Di Bandung, bisa kontek ke kita ya :D

Salam kenal ya dari Bandung IT

peluangkita mengatakan...

thanx gan...
salam kenal jg dr dr.onkjet tegal